Strict Standards: Redefining already defined constructor for class WPSEOPaginate in /home/u8295992/public_html/wp-content/plugins/wp-seo-paginate/wp-seo-paginate.php on line 83

Notice: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' in /home/u8295992/public_html/wp-content/themes/boombox/functions.php on line 73
Bisnis yang Menjanjikan, Tips Mulai Buka Usaha Bengkel Motor - Bela Kepentingan Rakyat!

Bisnis yang Menjanjikan, Tips Mulai Buka Usaha Bengkel Motor


KNews, Jakarta- Bisnis bengkel motor boleh dikatakan sebagai sebuah peluang usaha yang tidak ada matinya. Selama motor masih selalu digunakan sebagai salah satu alat transportasi yang paling populer di Indonesia, maka bisnis ini masih akan menjadi satu potensi bisnis yang menjanjikan di tahun 2017.

Apalagi saat ini, pasar otomotif Indonesia semakin diramaikan oleh produk motor non Jepang seperti dari Tiongkok dan India. Semakin banyak ragam pilihan dan semakin banyak pula motor yang akan memadati jalan raya. Hal itu menjadi tanda semakin tinggi pula minat pasar akan jasa bengkel.

Bengkel termasuk dalam salah satu jenis bisnis yang menguntungkan dengan persaingan yang cukup ketat. Tak jarang di beberapa ruas jalan atau kawasan bisa ditemukan lebih dari tiga bengkel motor sekaligus. Ada beberapa tahapan yang harus Anda perhatikan saat Anda membuka bisnis bengkel motor.

1. Skill Seputar Dunia Otomotif
Hal yang paling utama dan pertama kali yang harus Anda miliki dalam membuka bisnis bengkel motor adalah ketrampilan (skill) tentang dunia otomotif khususnya sepeda motor. Memang lebih baik bila Anda mempunyai background edukasi tentang ilmu otomotif. Jika tidak, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak.

2. Lokasi dan Kenyamanan Bengkel
Dengan pemilihan lokasi yang tepat maka akan terjangkau oleh konsumen. Contohnya, area jangkauan konsumen dimana radius setiap 2 KM akan banyak ditemukan bisnis bnegkel motor. Seperti, di komplek perumahan, area perkantoran, pabrik, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Dengan jarak tersebut maka akan banyak konsumen meningkat karena jumlah bengkel motor yang sangat banyak sekarang ini.
Pebisnis juga bisa merubah area tunggu pelanggan menjadi lebih nyaman dengan menata ruang tunggu menjadi ruang yang rapih serta bersih. Anda bisa menyediakan dengan kursi-kursi yang empuk, dan juga ditambahkan dengan TV atau audio.

3. Jalin Kerjasama
Anda harus menjalin kerjasama dengan distributor terbaik agar sparepart yang Anda miliki menjadi lebih lengkap dan dipercaya oleh pelanggan. Sehingga tidak akan membuat kecewa customer yang ingin memperbaiki sepeda motornya atau hanya sekedar membeli aksesoris untuk motornya.

4. Management Profesional
Dalam memberikan servis di bengkel motor, seringkali memerlukan waktu yang lama. Maka dianjurkan kepada Anda untuk merekrut mekanik atau staf lain yang membantu bisnis Anda. Anda juga harus memperhatikan kecakapan serta profesionalisme calon pegawai Anda. Seperti, jika mekanik harus lulusan SMK otomotif dengan beragam kursus otomotif yang pernah diikuti.

Bagikan/Simpan

Comments 0

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

More From: UMKM & Business

DON'T MISS